Peringati HUT Satpam ke-38, Kapolri Minta Satpam Ciptakan Kamtibmas Pemilu 2019

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID– “Satpam adalah produk pengamanan yang fenomenal karena telah diakui oleh negara pada UU no.2 tahun 2002 pasal 3 poin C. Penyelenggaraan keamanan dan ketertiban Indonesia salah satu unsurnya yaitu bentuk-bentuk pengamanan swakarsa termasuk dalam undang-undang, nomor 8 tahun 1981,” ungkap Kapolres P.Ambon dan Pp,Lease, AKBP Sutrisno Hadi Santoso, mengutip amanat Kapolri pada upacara peringatan HUT ke-38 Satuan Pengamanan (SATPAM) yang berlangsung di lapangan upacara Polres P.Ambon dan Pp.Lease, Rabu (6/2/2019).

Informasi yang dihimpun CakraNEWS.ID dari Kasat Binmas Polres P.Ambon dan Pp,Lease, AKP W.B, Minanlarat, peringatan HUT ke-38 Satpam di Kota Ambon, mengusung tema “Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia Guna Mendukung Polri Dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019”, dan dipimpin langsung oleh Kapolres P.Ambon dan Pp.Lease,  sekalu Inspektur upacara dengan melibatakan 1 SST Sat Sabhara Polres P. Ambon, 1 SST Sat Pol PP Kota Ambon, 1 SST Dinas Perhubungan Kota Ambon, 2 SST Perwakilan Anggota Satpam Kota Ambon, 1 Regu Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon dan 1 Regu Saka Bhayangkara.

Kapolri dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Kapolres P.Ambon dan PP.Lease mengatakan, kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas dituntut semakin professional. Untuk itu diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal. Sebagai seorang Satpam tidak hanya mengamban pekerjaan hanya untuk membantu Polri untuk mengamanakan objek-objek tertentu, namun juga harus dibelaki dengan ilmu pengetahuan, pelatihan yang panjang, kode etik dan jiwa pengabdian.

Satpam bisa menjadi profesi yang berawal dari keahlian. Menjadi seorang Satpam haruslah dilandasi dengan 4 syarat untuk menjadikan Satpam sebagai profesi, satu diantaranya kode etik yang sudah dimiliki. Kedepan harus ada Majelis Kode Etik,karena hal ini akan memperkuat respek masyarakat terhadap Satpam. Kedua, harus ada jiwa pengabdian.

“Kedepan Indonesia, akan menghadapi dan menggelar pesta demokrasi di bulan April 2019. Olehnya itu Satpam diharapakan turut berkontribusi untuk mendukung pesta demokrasi di Indonesia secara umum dan di Kota Ambon secara khusus agar berjalan dengan damai aman dan tenang,”tutur Kapolres.

Upacara peringatan hari Satpam ke-38 di halam lapangan upacara Polres P.Ambon dan Pp,Lease, dihadiri  oleh Waka Polres, Kompol Ferry Mulyana Sunarya,S.IK, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, SH, Kajari Ambon, Benny Santoso, Ka Lapas Ambon, La Samsudin,SH,MH, Kasat Pol PP, Kota Ambon Josias Loppies, Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Rudi Sapulette, perwakilan Dir Binmas Polda Maluku Ipru Yan Meyer, perwakilan Dandim 1504/ Ambon, Lettu Inf Latief. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.