Rapim Polri 2020, Kapolri Tegaskan Netralisasi Polri Di Pilkada Dan Pengamanan PON Ke-XX Di Papua

Militer Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Kesiapan Polri dalam mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak yang akan berlangsung di 270 Daerah tahun 2020 dan pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua, menjadi pembahasan serius Rapat Pimpinan (Rapim) Polri Tahun 2020 yang diadakan di Auditorium STIK-PTIK Jakarta, Rabu (29/01/2020).

Dengan mengusung tema, “Polri Siap Mengamankan Pilkada Serentak 2020 dan PON XX 2020 Untuk Menjaga Stabilitas Keamanan Dalam Negeri Guna Mengawal Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju”, Rapim Polri tahun 2020 tersebut, dibuka secara langsung oleh Kepala Kepolisian RI, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si.

Dan dihadiri oleh 392 pimpinan Polri dari Pejabat Utama Mabes Polri sampai Kapolda seluruh Indonesia. Serta turut  dihadiri oleh Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery, Wakil Ketua Komisi III DPR RI H. Ahmad Sahroni, Ketua KPK Komjen Pol. Drs. Firli, Kepala BNPT Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H, Ketua Ombudsman Prof. Amzulian Rifai, Waka BSSN Komjen Pol. Drs. Dharma Pongrekun, Sekretaris Utama Lemhanas RI Komjen Pol. Dr. Mochamad Iriawan, perwakilan Komnas HAM, dan Habib Abu Bakar Alhabsy.

Baca Juga: Rapim Bersama TNI-Polri Di Mabes TNI, Bahas Pengamanan Pilkada Serentak 2020 Dan PON Ke-20 Di Papua

“Selaku Kapolri, saya meminta kepada seluruh jajaran Polri agar tetap menjaga netralitas dalam Pilkada serentak tahun 2020. Dalam melaksanakan tugas agar tetap mengacu pada SOP yang sudah ada. Junjung tinggi netralitas dan integritas Polri, tetap ikuti mekanisme yang telah diatur dalam perundang-undangan,”tegas Kapolri dalam sambutannya saat membuka kegiatan Rapim Polri.

Jenderal bintang empat itu, juga menginstruksikan kepada jajaran Polri yang ada di seluruh Indonesia, untuk fokus dalam pengamanan saat Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang digelar pada Oktober dan November 2020 mendatang di Papua.

“Menjelang persiapan PON XX di Papua saya meminta agar jajaran Polri dapat meningkatkan sinergi dengan TNI. Polri juga harus mampu menjamin agenda PON terselenggara dengan aman lancar dan kondusif,”pinta Kapolri.

Kapolri berharap, melalui forum Rapim TNI-Polri yang sudah dilaksanakan di Mabes TNI kemarin, akan lebih memanfaatkan profesionalitas, soliditas, dan sinergitas sebagai kekuatan mendasar dalam menjaga keutuhan NKRI, terutama tugas ke depan dalam rangka mengamankan Pilkada Serentak dan PON XX tahun 2020 di Papua Polri.

“Kira-kira itu yang kami bicarakan dan hal-hal lain pembinaan personel, kemudian penanganan kasus-kasus yang sekarang sedang dikerjakan oleh Bareskrim juga sudah kami bicarakan secara teknis. Kira-kira itu rekan terima kasih,” Pungkasnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *