Ribuan Massa di SBT Gelar Aksi Solidaritas Palestina, Galang Dana Keliling Kota

Adventorial News

Bula, CakraNEWS.ID– Ribuan massa di Kota Bula yang tergabung dalam Aksi Solidaritas Palestina Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), dan sekitarnya beramai-ramai turun ke jalan menggelar aksi solidaritas untuk warga Palestina. Aksi damai berpusat di sejumlah titik yang ada di Kota Bula, Jumat (17/11/2023).

Ribuan massa yang berasal dari berbagai kalangan pria dan wanita, rata-rata mengenakan busana muslim berwarna putih dengan ditambahi atribut bendera Indonesia dan bendera Palestina. Massa berkumpul sejak pukul 07.00 WIT di kawasan kantor Kementeria Agama Kabupaten SBT. Selain di gelar aksi juga dilakukan doa bersama dan berjalan kaki atau long march mengelilingi Kota Bula untuk pemggalangan dana.

Aksi damai tersebut menyuarakan kecaman terhadap zionis Israel yang dianggap melakukan tindakan penjajahan dan genosida terhadap bangsa Palestina, hingga menyebabkan banyak korban wanita dan anak-anak.

Mayoritas massa membawa bendera Palestina dan atribut-atribut lain yang bertuliskan ‘Palestine Merdeka’ dan ‘Pray for Palestine’. Selain itu, Takbir ‘Allahuakbar’ dan teriakan ‘ Free, Free Palestina’ juga turut mewarnai aksi tersebut.

Aksi ini diikuti oleh puluhan elemen, mulai dari pemerintah daerah, kementerian agama, komunitas, ormas, lembaga dakwah, lembaga Islam, lintas generasi, dan tokoh lintas agama yang ada di Kabupaten SBT.

Ketua Koordinator Aksi, Rahma Juita Bugis mengatakan aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian umat muslim dan umat beragama lain di Kabupaten SBT terhadap Palestina yang saat ini tengah dibombardir oleh penjajah Israel. Tak hanya itu, pihaknya juga menggelar aksi berdasarkan amanat undang-undang 1945 yang berbunyi penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

“Aksi hari ini aksi solidaritas dari masyarakat SBT untuk Palestina yang hari ini dibombardir oleh Israel. Sekaligus kami di Kabupaten SBT mengamalkan amanat undang-undang 45 tentang penjajahan di muka bumi harus dihapuskan,” kata Rahma disela-sela kegiatan.

Sementara itu, Sekretaris Koordinator Aksi Solidaritas Palestina Fitra Bugis dalam orasinya menyampaikan, Aksi ini adalah sebuah bentuk kecaman terhadap Israel yang telah melakukan penindasan terhadap Palestina, bahkan mengarah kepada pemusnahan bangsa Palestina dengan banyaknya kaum wanita dan anak-anak yang saat ini menjadi korban.

Dalam orasinya, Fitra mengajak semua masyarakat Islam maupun agama lain di Kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa itu untuk bersama-sama mendoakan agar bangsa Palestina bisa merdeka dan peperangan segera dihentikan.

“Sebagian harta kita mari kita donasikan dan akan kita kirimkan untuk saudara-saudara kita di Palestina dan mari kita doakan saudara kita di Palestina untuk bebas dan merdeka,” harap salah satu orator Abdul Azis Yanlua.

Abdul Azis Yanlua yang juga Anggota DPRD Kabupaten SBT yang ikut dalam aksi itu dalam orasinya juga menyampaikan, jika di Kabupaten SBT hidup dengan damai dan tentram maka terus di doakan agar ketentraman tersebut juga di rasakan oleh warga Palestina.

Hal senada juga di sampaikan Fathul Kwairumaratu yang juga Anggota DPRD Kabupaten SBT dalam orasinya meyebutkan, Aksi ini menunjukkan bentuk esensi dari masyarakat Kabupaten SBT untuk membantu warga Palestina dengan memberikan sumbangsih doa kepada masyarakat di Bumi Palestina.

“Hari ini juga saya sampaikan mari kita boikot seluruh produk-produk Izrael Zionis laknat dan tidak lagi belanja produk-produk yang memberikan sumbangsih kepada gerakan Zionis Israel, dengan tidak membelikan produk Israel kita membantu menyuarakan masyarakat Palestina untuk berjuang dan merdeka dari tangan orang-orang yang jahat yaitu Zionis Israel,” ajak Kwairumaratu penuh tegas.*** CNI-06/im

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *