Ritual Adat Warnai Penyambutan Rombongan Forum OPD Kominfo di Malra

Pemerintahan

Ritual Adat Rinin Sambut Kedatangan Forum OPD Kominfo se-Maluku

Langgur, CakraNEWS.ID – Sebagai tuan rumah penyelenggara suatu kegiatan, sambutan hangat dan ramah yang memberi kesan positif bagi para tamu, selalu diupayakan suatu daerah.

Tak terkecuali Kabupaten Maluku Tenggara yang menyambut kedatangan para Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) se-Maluku dengan ritual adat Rinin atau Doa Adat yang digelar di Bandar Udara Karel Sadsuitubun, Selasa (22/3/2022).

Kedatangan para pimpinan OPD Kominfo se-Maluku tersebut dalam rangka mengikuti rapat forum OPD Kominfo di Kabupaten Maluku Tenggara yang akan berlangsung selama beberapa hari kedepan.

Selain ritual adat Rinin, dalam sambutan tersebut juga dilakukan ritual adat pengalungan kalung Tradisional dan tarian khas di bumi “Larvul Ngabal.”

Kadis Kominfo Kabupaten Maluku Tenggara, Antonius U.W. Raharusun mengatakan, pihaknya menyambut para peserta forum OPD Kominfo, berdasarkan arahan Bupati Malra, Thaher Hanubun untuk memberikan kesan positif kepada tamu yang datang didaerah itu.

“Jadi memang setiap tamu yang berkunjung di Malra, kita berlakukan yang sama,” kata Raharusun.

Kabupaten Malra, lanjutnya, sebagai tuan rumah pelaksanaan forum OPD Kominfo se-Maluku. Karena itu, pihaknya mempersiapkan penyambutan.

“Jadi memang pengalungan kalung adat atau Rinin merupakan ciri khas kita. ada bia-bia,  ada juga kerang-kerangan. Kemudian ada kulit kelapa yang dimodifikasi jadi ciri khas kita bagi para tamu yang datang,” jelasnya.

Dikatakannya, Rinin merupakan tradisi dan budaya masyarakat Kei dimana tamu yang baru datang menginjak kaki di tanah Kei, dilakukan penyucian kepada yang bersangkutan, sehingga selama ada di sini leluhur Kei memberikan keleluasaan, keselamatan dan berkat kepada yang bersangkutan.

Begitu juga penyambutan tarian Sawat yang ditunjukkan oleh siswa dan siswi SMA II Malra.

”Jadi kita ingin menampilkan budaya dan tradisi kita, sehingga paling tidak Malra dikenal oleh teman-teman yang datang dari luar sebagai daerah yang punya kharateristik budaya yang masih hidup ,”tandasnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Maluku, Titus F. L. Renwarin, mengapresiasi penyambutan forum OPD Kominfo yang dipimpinnya.

”Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, dalam hal ini Dinas Kominfo, karena acara penjemputan rombongan Provinsi dan Kabupaten/Kota peserta rapat Forum OPD Dinas Komunikasi dan Informatika se-Provinsi Maluku  sangat luar biasa,” kata Renwarin.

Dirinya mengaku, ritual adat  yang dikemas dengan prosesi doa adat, pengalungan bunga dan tarian, patut diapresiasi.

“Kami juga mengharapkan agar  Forum OPD yang pelaksanaannya pada tanggal 23 Maret 2022 dapat berjalan baik dan menghasilkan rekomendasi demi terwujudnya sinergitas tugas dan fungsi antara Provinsi dan Kabupaten/kota serta kehumasan,” harap Renwarin.*** Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *