Temui Rektor UMM, Kapolda Maluku Akui Peran Kampus Di Kota Ambon Bantu Polri Jaga Kamtibmas

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Peranan kampus  di Kota Ambon Provinsi, tidak hanya menyiapkan generasi muda di Maluku yang unggul dan cerdas, namun juga banyak membantu Polri dalam menjaga dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif.

“ Tugas dan peran kampus saat ini ini sangat penting dalam menyiapkan generasi yang unggul dan cerdas. Menyiapkan generasi muda untuk masa depan bangsa dengan perubahan jaman yang sangat pesat. Polisi saat ini bisa ada dan bertahan hingga kini itu semua karena kehendak rakyat,” ucap Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, mengunjungi Universitas Muhammadiyah Maluku (UMM) yang berada di Jalan Permi, Kawasan Soabali, Kota Ambon, Senin (11/7/2022).

Dalam silatuhrami  bersama Rektor UMM, DR. Mohdar Yanlua bersama para Dekan dan Kepala Biro, Kapolda Maluku  memberikan apresiasi kepada Universitas Muhammadiyah yang diakuinya telah banyak mencetak generasi muda yang unggul.

“Pendidikan dan ilmu pengetahuan tidak membatasi siapapun dan dari golongan manapun untuk mendapatkannya,”Ucapnya.

Kapolda mengisahkan,  sewaktu dirinya bertugas di wilayah NTT (Nusa Tenggara Timur) dan di sana itu Kampus Muhammadiyah mahasiswanya sudah belasan ribu.

“Jadi pendidikan itu tidak harus memilih asal usul atau agama apa darimana dia namun siapapun warga negara boleh mendapatkan pendidikan,” ungkapnya.

Kapolda mengatakan,Polri dengan program Presisi Kapolri membuat polisi semakin dekat dengan masyarakat. Bahkan apabila diminta untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa UMM terkait wawasan kebangsaan, Kapolda mengaku siap memberikannya.

Ia juga berharap kepada para dosen untuk dapat mensosialisaskan kepada mahasiswa agar cerdas dalam menggunakan media sosial. Ini diharapkan agar mereka tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, walaupun hanya untuk menyampaikan pendapat.

“Saat ini dunia sudah canggih, olehnya itu aturan yang sudah ada tinggal ditaati saja sebagaimana butir-butir pancasila yang ada kalimat adil, jadi kata adil ini memang harus benar-benar ada dan diwujudkan bukan sekedar ucapan di bibir saja,” jelasnya.

Kapolda juga  menyampaikan program Polda Maluku saat ini yaitu “Basudara Manise”. Program ini bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang aman, damai dan sejahtera.

“Kami berharap adanya peran kampus karena kita tahu bersama Maluku ini baru saja pulih dari persoalan konflik yang terjadi di masa lalu, kalau hari ini kita masih bertikai sementara daerah lain telah tumbuh dan maju dengan pesat maka kita akan tertinggal jauh,” pungkasnya.

Saat mengunjungi UMM, Kapolda didampingi Direktur Intelkam, Kombes Pol Rali Muskita, Direktur Binmas, Kombes Pol Deni Abrahams, dan Karo SDM Polda Maluku Kombes Pol Deni Putro.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *