Tepat 100 Hari, Ini Program Unggulan Polri Dibawah Kepimpinan Jenderal Listyo Sigit

Militer Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memimpin Polri selama 100 hari sejak dilantik pada 27 Januari 2021. Berbagai program yang dicanangkan telah dilaksanakan, sehingga membawa perubahan signifikan dalam memperbaiki kinerja korps baju cokelat.

“Program-program itu merupakan komitmen Polri dalam rangka menghadirkan pelayanan Kepolisian yang makin modern, prima, dan menjawab kebutuhan masyarakat sesuai dengan perubahan dan perkembangan sosial dan budaya masyarakat,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono di Jakarta, Sabtu (8/5/2021)

Program yang telah diluncurkan, antara lain aplikasi layanan pengaduan masyarakat terintegrasi yang diberi nama Dumas Presisi (Pengaduan Masyarakat Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan). Program layanan lainnya adalah Propam Presisi yang melayani pengaduan masyarakat terkait kinerja anggota polisi. Kehadiran aplikasi ini membuat kinerja polisi dapat diawasi tidak hanya secara internal, juga eksternal.

Aplikasi lain yang diluncurkan adalah SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan) dan e-PPNS (Penyidik Pengawal Negeri Sipil) berbasis online. Aplikasi ini merupakan bentuk transparansi penyidikan dan diharapkan tidak ada lagi sumbatan komunikasi atau informasi terkait penyidikan sebuah kasus.

Program lainnya adalah aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar). Peluncuran aplikasi untuk ponsel pintar tersebut bertujuan meningkatkan pelayanan masyarakat dalam pembuatan hingga perpanjangan surat izin mengemudi (SIM).

Selain itu, ada sistem rekruitmen proaktif (rekpro) melalui aplikasi e-Rekpro dan Binmas Online System (BOS) versi 2. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat laporan yang berkenaan dengan kegiatan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Kehadiran aplikasi tersebut merupakan bagian dari 16 program prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menata kelembagaan Polri.

“Peluncuran aplikasi tersebut memberikan alternatif bagi masyarakat yang sudah semakin akrab dengan dunia digital dan sangat menekankan pada kecepatan dan kemudahan mendapatkan pelayanan,” kata Argo Yuwono. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *