Tidak Ada Permohonan PSU, Pemilu di SBB Aman Tertib

Politik

Piru,CakraNEWS.ID- Terhitung 10 hari sudah pasca pemungutan suara sejak digelar 14 Februari 2024 dilakukan serentak pekan lalu.

Pemilihan Umum (Pemilu) di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) terpantau aman tertib. Meski dalam sejumlah pantuan media ini, beberepa hal menonjol namun dapat dengan cepat diantisipasi dan diredam.

Perihal momentum 10 hari pasca pemungutan suara, belum ada berkas permohonan terkait akan dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di kabupaten bertajub Saka Mese Nusa itu.

Ketua KPU SBB, Syarif Hehanusa, Sabtu (24/02) menyatakan hingga hari terakhir (hari ini) belum menerima rekomendasi Panwaslu maupun Bawaslu menyangkut hal tersebut.

Dijelaskan, terhitung mulai hari itu (pemungutan suara) hingga 10 hari sampai ambang batas hari ini (Sabtu, 24/2/2024) kalau ada kedapatan indikasi kecurangan di Setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), di SBB, maka diharuskan masukan rekomendasi PSU kepada KPU untuk melakukan PSU.

“Namun sampai hari terakhir (hari ini), tidak ada satu Caleg DPRD yang memasukan rekomendasi PSU di Kabupaten Seram Bagian Barat , untuk PSU di setiap TPS,” akui Hehanussa.

Hal ini dibenarkan Kordiv Penanganan Perkara dan Penyelesaiaan Sengketa Bawaslu Kabupaten SBB, Elroy Aulele.

Dikatakan, Panwascam sekabupaten SBB belum tidak memberikan rekomendasi temuan yang berarti.

“Jadi tidak ada PSU. Pelaksanaan PSU sudah diatur jelas dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, tepatnya di ayat 1. Teknis pelaksanaanya dapat dilihat di ayat 373,” terang Elroy.

Lanjut dijelaskan, landasan lain yang mengatur hal tersebut dapat dilihat di Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 25.

“Sudah jelas di PKPU nomor 24 pasal 80 ayat 1, 2 dan 3. Untuk teknis pelaksanaanya atau mekanismenya, diatarur di pasal 81,” singkat dia.

Pemilu Berjalan Aman dan Tertib

Terjaminnya keamanan dan ketertiban dalam penyelenggaraan Pemilu 14 Februari 2024, diakui Kapolres SBB, AKBP Dennie Andreas Darmawan.

Ditemui di Gedung Putih kota Piru dalam persiapan pembukaan Pleno Terbuka KPU, Dennie menegaskan, sejak pentahapan kampanye hingga melewati proses pemungutan suara, keamanan dan ketertiban terkawal sesuai harapan.

“Kami pastikan pemilu damai di kabupaten Seram Bagian Barat,” singkat Kapolres.*CNI-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *