Dihantam Gelombang Laut, KM Jolor Madem Berpenumpang 6 Warga Luang Tenggelam Di Perairan Pulau Kisar-MBD

Lintas peristiwa

MBD,CakraNEWS.ID- Dihempas gelombang laut akibat cuaca buruk, mengakibatkan,kapal motor Jolor Madem, yang tumpangi 6 orang penumpang dari Luang Kecamatan Mdona Hiera, tenggelam di perairan pulau Kisar Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) pada Jumat (3/7/2020).

Dari 6 orang yang dikabarkan tenggelam dengan KM Jolor Madem,1 orang penumpang yang diketahui bernama William Saleky, berhasil selamat, sedangkan 5 orang lainnya masih dalam pencaharian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten MBD, bersama jajaran Satpol Airud Polres MBD dan TNI AL.

Kepala BPBD Kabupaten MBD, Oyang Philipus kepada Wartawan, Minggu (5/7/2020) membenarkan adanya laka laut, KM Jolor Madem yang tenggelam di perairan laut Pulau Kisar.

Kronologis kejadian berawal ketika KM Jolor Madem yang ditumpangi oleh Wiliam Saleky (38), Zadrak Rehiara, Yacob Ahab, Johanis Rehiara, Levinus Rehiara dan Marthen Wolantery, berangkat dari Pulau Luang, Kecamatan Mdona Hiera hendak menuju pulau Kisar Kabupaten MBD untuk mengikuti proses pemakaman mertua dari William Saleky.

Tinggi gelombang dengan cuaca yang ekstrim, membuat KM Jalor Madem dalam perjelanan menuju ke Pulau Kisar, sempat menyinggahi  pelabuhan Kaiwatu, pada Jumat (3/7/2020)pukul 04.00 WIT. Perjalanan kemudian diteruskan pada pukul 07.00 WIT dengan tujuan ke Pulau Kisar, namun ditengah perjalanan, KM Jolor Madem, dihantam gelombang laut dan anggin kencang hingga terbalik dan tenggelam.

“Upaya untuk menyelamatkan diri dengan cara berenang melawati derasnya arus gelombang dilakukan 6 crew KM Jolor Madem selama 8 jam ditengah laut. Dari peristiwa laka laut tersebut, 1 orang penumpang KM Jolor Madem, bernama Willyam Saleky berhasil selamat dan terdampar di pulau Kisar. Dan 5 Crew lainnya masih dalam pencaharian,”ungkap Oyang Philipus.

Ia menuturkan,upaya pecaharian terhadap 5 crew KM Jolor Madem, masih terus dilakukan oleh pihal Kecamatan Kisar dibantu Polsek Kisar maupun pihak TNI AL, dengan mengerahkan tiga buah speedboat untuk mencari korban. Namun sampai dengan malam hari mereka juga belum di temukan sesuai hasil komunikasi dengan Camat kisar.

“Berdasarkan komunikasi tersebut Pemerintah daerah berkoordinasi dengan Polres MBD, pada Sabtu (4/7/2020) Polres MBD lewat Satuan Polisi Perairan dan pihak Bencana Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten MBD  langsung bergerak kelokasi untuk melakukan pencarian bagi 5 orang korban hilang,”ungkap Kepada BPBD Kabupaten MBD.

Adapun korban tenggelam KM “Jolor Madem” diantaranya (Wiliam Saleky (38 Tahun) Korban selamat sampai daratan). Sementara 5 orang lainnya yang belum ditemukan masing-masing Zadrak Rehiara, Yacob Ahab, Johanis Rehiara, Levinus Rehiara dan Marthen Wolantery. (CN- 08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *