Kelola Anggaran Bhabinkamtibmas, Brigpol Aswerus Meyoka Lakukan Pengobatan Gratis Kepada Masyarakat Desa Di MBD

Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Hadir untuk melayani masyarakat, Bhabinkamtibmas Desa Letsiara, Polsek Tepa, Polres Maluku Barat Daya (MBD), Brigadir Polisi, Aswerus.K.Meyoka, kembali membuat sebuah terobosan baru, pengobatan gratis kepada masyarakat di desa binaan nya.

Bekerja sama dengan puskesmas Tepa, pelaksanaan pengobatan gratis, yang bertemakan “ Bhabin Hadir Untuk Melayani, Bukan Untuk di Layani,”yang dilaksanakan oleh Brigpol Aswerus K. Meyoka, turut di hadiri oleh Kapolsek Tepa, Ipda F A. Bonara, Senin (31/10/2022).

Pengobatan gratis kepada masyarakat Desa Letsiara, Kecamatan Pulau Babar Kabupaten Maluku Barat Daya, yang berlangsung di Balai Desa Letsiara, meliputi pemeriksaan gula darah,asam urat, kolestrol,tekanan darah dan pemberiaan obat-obatan.

Brigpol Aswerus K.Meyoka, dalam keterangan kepada CakraNEWS.ID, menjelaskan, pelaksanaan pengobatan gratis yang dilakukan oleh dirinya, bermula saat dirinya yang bertugas sebagai personil Bhrbinkamtibmas Polsek Tepa, menyambangi masyarakat di desa binaannya yaitu desa Letsiara.

“Saat menyambangi masyarakat di desa binaannya, banyak warga terutama lansia yang selalu mengeluh kondisi kesehatan. Sehingga sebagai seorang anggota Polri yang di tugaskan sebagai Bhabinkamtibmas, saya berinisiatif untuk mengadakan pengobatan gratis kepada masyarakat,”tutur Brigpol Aswerus K.Meyoka.

Ia mengatakan, inisiatif pelaksanaan pengobatan gratis yang terfikir di benak pikirannya dengan pertimbangan beberapa faktor seperti, di desa binaannya,belum adanya fasilitas kesehatan yang memadai serta distribusi obat-obatan kepada masyarakat masih kurang, sehingga tidak dapat menjawab keluhan masyarakat pada saat berkunjung ke Puskesmas. Faktor lainnya adalah, jarak desa binaan ke puskmes tepa, harus di tempuh dengan jarak kurang lebih 6 kilomter, sehingga sulit bagi warga yang kondisi keuangannya tidak dapat membayar ojek untuk bisa ke Puskesmas.

Baca Juga: Bantu Pangan Masyarakat, Brigpol A.K.Meyoka Bagikan Hasil Panen Kebun Bhabinkamtibmas Gratis Kepada Masyarakat

“Maksud dan tujuan pengobatan gratis kepada masyarakat, di desa binaan saya adalah, agar menjawab keluhan-keluahan masyarakat warga binaan. Selain itu Polisi pada jaman sekarang ini sesuai program Presisi bapak Kapolri, adalah Polisi yang melayani bukan dilayani. Hal ini saya lakukan agar selalu tercipta rasa percaya, rasa dekat, masyarakat terhadap Polisi,”Ujarnya.

Brigpol Aswerus K.Meyoka menuturkan, pelaksanaan pengobatan gratis yang dilakukan kepada masyarakat Desa Letriara yang merupakan desa binaannya, bersumber dari tunjangan Bhabinkamtibmas Desa Letsiara, terhitung bulan Maret, April, Mei dan Juni 2022.

“ Pada pelaksaan pengobatan gratis yang saya lakukan di bantu oleh 5 orang tenaga medis dari Puskemas, dan di ikuti oleh masyarakat Desa Letsiara sebanyak 138 orang. Harapannya semoga dengan pelaksanaan pengobatan gratis kepada masyarakat, dapat terciptanya rasa percaya masyarakat terhadap Polri,”Ungkapnya.

Di kesempatakan yang sama, Plh Kepala Desa Letsiara, Agustinus Kawora mewakili seluruh masyarakat Desa Letsiara sangat mengapresiasi kegiatan pelaksanaan pengobatan gratis yang di pelopori oleh Bhabinkamtibmas, Brigpol Aswerus K,Meyoka. Dan sangat berterima kasih kepada Polri terkhususnya Bhabinkamtibmas Desa Letsiara yang sangat peduli terhadap masyarakat Desa Letsiara.

“Masyarakat desa Letsiara yang telah mengambil bagian dalam pemeriksaan, dapat mengetahui kondisi kesehatan mereka masing-masing sehingga dapat mengkonsumsi obat secara teratur,”ucap Agutinus Kawora.

Diketahui sebelumnya, selain melaksanakan pengobatan gratis kepada masyarakt, Bhabinkamtibmas Polsek Tepa, Brigpol Aswerus K.Meyoka, juga membuat terobas pemberdayaan masyarakat berupa pembuatan kebun bhabinkamtibmas.

Baca Juga: Lahan Belukar Duri, Di Sulap Bhabinkamtibmas Desa Letsiara-Polres MBD Menjadi Kebun Rakyat Bernilai Ekonomis

Kebun Bhabinkamtibmas yang di kelola oleh Brigpol Aswerus K.Meyoka bersama warga Desa Binaan, adalah untuk membantu ketahan pangan masyarakat. Alhasil dari pengelolaan kebun Bhabinkamtibmas tersebut, hasil kebunkan berupa sayur-sayuran dan buah-buahan di bagikan secara gratis kepada masyarakat. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.