Atasi Kejahatan Transnasional Di Daerah Perbatasan, Panglima TNI Soroti Peralatan Pengamanan TNI Di Pulau Nipah-Kepri

Militer

Kepri,CakraNEWS.ID- Penguatan kapasitas pengamanan di Pulau Nipah, di Provinsi Kepulauan Riau, mendapat perhatian serius dari TNI dan Polri. Pasalnya sebagai pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Negara Singapura, pengamanan diperairan Nipah, di Selat Malaka terus ditingkatkan oleh TNI melalui penguatan Alutsita pengamanan untuk mencegah tindak pidana transnasional di perairan tersebut.

“Kunjungan Saya bersama Pa Kapolri ke Pulau Nipah, yang pertama saya melihat apa saja permasalahan-permasalahan di Pulau Nipah terkait peralatan alutsita TNI yang ada di Pulau Nipah. Hal ini dikarenakan, Pulau Nipah adalah tempat yang sangat strategis untuk mengawasi wilayah perairan, khususnya Selat Malaka.Saya melihat secara langsung peralatan-peralatan personil TNI yang  ada di Pulau Nipah, seperti Radar dan peralatan Automotic Identification Sistem (AIS) dan kamera jarak jauh yang digunakan untuk memonitor pengamanan di wilayah perairan  Selat Malaka,”ungkap Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,S.IP,yang didampingi Kapolri, Jenderal Polisi,M.Tito Karnavian,P.hd, yang ditemui Wartawan dalam kunjungan ke Mapolda Kepri, Sabtu (27/7/2019).

Baca Juga: Kunker Ke Kepri, Panglima TNI dan Kapolri Sambangi Pulau Nipah Perbatasan Singapura dan Indonesia

Jenderal TNI itu mengatakan, dari peninjauan peralatan alutsita pengamanan TNI di Pulau Nipah tersebut, akan dijadikan sebagai bahan evaluasi di Mabes TNI. Langkah tersebut dilakukan untuk memperkuat kapasitas dari peralatan-peralatan TNI yang ada di Pulau Nipah. Sehingga mampu memonitor aktivitas lalu lintas kapal dari Negara-negara luar yang ada di wilayah tersebut.

Hal ini dilakukan oleh TNI, untuk mencegah tindakan-tindakan kejahatan transnasional seperti, penyeludupan obat-obat terlarang, dan minuman keras.

Oleh sebab itu dalam kunjungannya ke Pulau Nipah saya mengajak Pa Kapolri untuk melihat secara langsung aktifitas pengamanan di Pulau Nipah. Hal ini dikarenakan, tugas pengamanan di wilayah perbatan di Pulau Nipah bukan hanya dari tugas TNI melainkan juga melibatkan Polri,” tutur Panglima TNI.

Ia mengatakan, untuk penanganan permasalah pengamanan di Perairan Kepri, selaku Panglima TNI, dirinya bersama Kapolri telah melakukan rapat pembahasan bersama dengan Menteri Kemaritiman dan Menteri Perhubungan, untuk menyiapkan fasilitas perhubungan, seperti pelabuhan-pelabuhan laut, yang akan dipersiapakan dalam waktu dekat. (CNI-01)

Berikut Video:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *